| WELCOME TO MY SITE | LEAVE COMMENT ON THE POST AND RATE IT | ENJOY ♥ |

Thursday, March 21, 2013

Cerita & Fakta.


Tadi... seangkot sama pengamen cilik, ada 2 orang. Gue suruh nyanyi "Kami kami & Punk Rock Jalanan". Ceritanya gue request. Setelah dia beres nyanyi 2 lagu. 

Gue tanya "kamu kok gak sekolah?" "Gak apa-apa ka, pengen nyari uang aja" "Emang boleh sama mama?" "Boleh kok" Terus gue tanya lagi, "Harusnya sekarang kelas berapa emang?" "Kelas 5 sd kak" "Terus hasil ngamennya di kemanain?" "Di kasih ke mama" “Gak disetorin ke orang-orang yang malak kan?” “Ngga kok ka, kalo yang malak minta seribu dua ribu sih saya kasih. Itu sih wajar aja. Kalo minta lebih saya gak kasih”. 

Asli salut abis... walaupun emang seharusnya dia sekolah sih. Tapi alhamdulillah bisa bantu mamanye dirumahlah. "Pernah di kejar pol pp gak?" "Tadi baru dikejar, saya gak kena, temen saya yang kena" "Terus di bawa kemana?" "Itu kak, di Gd. DPRD" "Kalo mau lolos dari pol pp gimana caranya?" "Ngasih uang kak, ke pol pp-nya 50rb" "Kalo ga ngasih gimana?" "Yauda ditahan disitu sampe bisa bayar".

Kampret. Sakit aja gue dengernya. Dia susah nyari duit, panas-panas, lari-lari. Malah ketangkep & harus bayar pula supaya lolos dari tahanan satpol pp! Ga abis pikir gue sama aparat. Setelah nanya-nanya, akhirnya dia bilang ke gue "Ini saya mau nyari uang 50rb buat bantuin temen saya lolos dari satpol pp". 

Subhanallah.....dia ngamen itu gak cuma buat dia sendiri, keluarga tapi juga buat bantuin sesame. Akhirnya gue kasih uangnya, gak banyak sih. Tapi semoga bisa bantu dia. Ohya pengamen itu, namanya Aldi(sekitar 7tahun) & Rio(sekitar 10tahun), mereka bukan adik kaka, tapi partner kerja. Hasil ngamen mereka seharian, mereka bagi 2. Mulia abis deh itu bocah cilik 2... Semoga gue bisa belajar dari perjuangan dede-dede itu. 

Dan setelah gue kasih uangnya.... Dia bilang... Dia bilang.... "Makasih ya Kak, Assalamualaikum :)" Whoooah. Makin seneng gue dengernya. Makin salut. Gue sendiri aja belom pernah berbuat sesuatu yang lebih berharga buat temen terdeket gue.

Jadi guuuys. Kalo ketemu pengamen, apalagi yang cilik. Jangan jahat&jutek ya. Siapa tau salah satu dari mereka itu yang gue ceritain. Si Aldi rumahnya di Gn. Batu (Bogor). Kalo si Rio gue lupa tanya hehehe. Sedikit info lagi, omset dia itu lebih dari 50rb sehari sampai dengan kurang dari 100rb dari ngamen doang dan semoga aja temen Rio&Aldi udah lolos dari tahanan pol.pp :))

Ohya, salah satu dari mereka gak pakai sandal lho. Bisa kalian bayangin gimana rasanya dikejar satpol pp lari-larian keringetan panas dan ternyata dia gak pakai sandal? Gue lupa dokumentasi dua orang anak itu. Semoga aja gue bisa ketemu mereka lagi kapan-kapan. Amin.

Ada lagi satu cerita gue, beberapa bulan lalu. Sama, tentang anak kecil yang bantu orang tuanya kerja. Bedanya dia itu sekolah dulu. Baru bantu ayahnya kerja. Momen liburan itu momen yang paling berharga buat Randi. 

Nama anak yang bantuin ayahnya. Randi itu kelas 5 sd. Dia sekolah disalah satu sekolah di Leles, Garut, Jawa Barat. Tepatnya di dekat lokasi wisata Candi Cangkuang. Ya! Salah satu candi di Jawa Barat. Nah, biar bisa lihat candinya, kita harus lewatin waduk cangkuang pakai getek. Ya, semacam perahu tapi bentuknya beda. 

Kebayang gak apa yang dilakuin Randi? Iya, dia bantu ayahnya kayuh getek bolak balik dari pintu wisata ke tempat candi cangkuang berada. Helloooo…. Anak sekecil itu kayuh getek? Berat lho. Inget gak kalo kita ke pasar/swalayan sama ayah ibu kita terus kita disuruh bawain belanjaan yang notabene isi kantung belanjaan itu tuh keperluan kita juga tapi kita ngeluh berat? Ga ada perjuangan banget sih kita. Bandingin beratnya kantung belanjaan sama ngayuh getek bolak-balik dengan jarak yang lumayan. Menghasilkan uang ngga tapi malah habisin uang. Tapi pas disuruh orangtua sendiri malah ngeluh. Freak. Maafin aku ya, Mah… Yah…

Ini sedikit percakapan gue sama Randi…..
“Kamu gak sekolah?” “Udah pulang Teh, tadi jam 12” “Terus pulang sekolah langsung kesini bantuin bapak?” “Iya teh” Woooow!! Kita pulang sekolah gak pernah tepat waktu, pasti ngaret. “Emang kamu gak main?” “Ngga Teh, gak bisa main, kan harus bantuin Bapak” Subhanallah….. Gue tuh ya…. Malah main mulu deh pulang sekolah (gak sering-sering banget sih). “Terus kamu ngapain disini?” “Ya gini aja Teh, bantuin bapak anterin pengunjung”.

Dia pemalu sih, jadi gak banyak nanya guenya. Gak enak juga kalo banyak nanya. Dia lebih banyak senyum di banding jawab pertanyaan gue. Pulang sekolah, bantuin ayahnya, tanpa main…. Segitu mulianya anak kecil itu. Ohya, ada beberapa fotonya Randi nih.

Gue, sama Randi. 

Liat deh ekspresinya Randi waktu ngayuh.

Ini Randi sama Ayahnya.


Cerita ini semoga bisa jadi inspirasi kalian semua yaaa (termasuk gue) biar kita lebih bisa bersyukur kedepannya.  Semoga bisa bikin kita semua sadar yaaa :’)

No comments:

Post a Comment