| WELCOME TO MY SITE | LEAVE COMMENT ON THE POST AND RATE IT | ENJOY ♥ |

Thursday, March 10, 2016

Paper Flower, Simbol Keromantisan Yang Tak Akan Layu

Kecanggihan teknologi juga internet tentu membawa banyak manfaat, salah satunya bagi Anbia Aulya. Berawal dari tumpukkan kain perca sisa nenek yang merupakan seorang penjahit, ini memulai usahanya, handmade hand bouqet dan flower box. Lewat mesin pencari, gadis yang biasa disapa Bia ini mencari berbagai referensi cara membuat bunga dari kain. “Awalnya iseng-iseng coba, kepepet juga sih, bingung kasih kado ke pacar. Akhirnya manfaatin kain perca terus bikin bunga mawar”. 

Kecanggihan lain yang dimanfaatkan Bia adalah mengunggah foto bunga mawar buatannya ke akun instagram miliknya. Dan tidak disangka antusias para pengikutnya cukup baik. Selain itu bahan baku yang sederhana, mudah didapat dan tidak terlalu mahal namun memberikan keuntungan yang menjanjikan menjadi alasan utama Bia memulai usaha ini. Hingga akhirnya, dengan modal awal sebesar Rp 50.000 pada awal februari lalu Ia mendapatkan pesanan pertamanya yaitu satu hand bouquet ukuran kecil lalu menetapkan nama Flower Room sebagai identitas produknya.


 Berbagai macam pilihan bouquet yang disediakan oleh Floweroom ID yaitu Flower Box (atas) dan Hand Bouquet (bawah). | sumber: instagram.com/floweroom.id

Saat ini, Floweroom ID menyediakan dua jenis pilihan bouquet yaitu hand bouquet dan flower box. Untuk hand bouquet tersedia dua bentuk bunga yaitu bunga mawar dan bunga kusudama yang bisa disusun dari mulai ukuran terkecil hingga yang terbesar. Sedangkan untuk flower box baru satu ukuran box saja yang ditawarkan yaitu ukuran 25x25cm yang diisi dengan tumpukkan bunga mawar kertas saja. Selain itu, flower box mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu bunga yang dipesan dapat disusun menjadi inisial huruf atau angka. 
Untuk membuat hand bouquet diperlukan kertas HVS berwarna dengan ukuran 80gr, kain laken, kertas tisu, pita, selotape, doubletape, lem tembak dan gunting. Selanjutnya, kertas tersebut dibentuk agar menyerupai bunga yang diinginkan. Setelah terbentuk, lalu bunga-bunga tersebut dibungkus menggunakan kain laken, kertas tisu dan dipercantik menggunakan pita satin atau pita jepang. Satu bucket ukuran kecil menghabiskan 12 lembar kertas hvs, setengah potong kain laken dan satu meter kertas tisu juga pita. Sedangkan untuk flower box, bahan utama yang perlu disiapkan adalah kertas krep dan box. Kertas krep dipilih karena lebih mudah dibentuk dan dapat mengikuti bentuk box yang digunakan. Bahan tambahan lainnya yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan hand bouquet yaitu setengah meter pita, selotape, doubletape, lem tembak dan gunting.
Pelanggan yang ingin membeli produk Floweroom ID disarankan untuk memesan dari jauh-jauh hari. Hal ini dikarenakan proses pengerjaannya yang benar-benar handmade dan dilakukan seorang diri. Dibutuhkan dua sampai tiga hari untuk menyelesaikan bouquet ukuran kecil dan ukuran sedang serta lima hari kerja untuk menyelesaikan bouquet ukuran besar. Sedangkan untuk menyelesaikan pesanan khusus dari pelanggan dibutuhkan sebanyak tujuh hari kerja.
Harga yang ditawarkan oleh Floweroom ID sangatlah bervariasi. Yang membedakan harga bouquet hanyalah ukurannya saja. Untuk ukuran terkecil dibandrol mulai dari Rp. 50.000/bouquet dan yang terbesar dibandrol seharga Rp. 200.000/bouquet. Masih ada lagi kecanggihan teknologi yang dimanfaatkan mahasiswi tingkat akhir ini, yaitu proses pengiriman barang menggunakan kurir online untuk daerah Bandung dan Cimahi sedangkan untuk pengiriman keluar kota, Floweroom ID memilih menggunakan pihak ekspedisi yang terpercaya. 
Floweroom ID dapat menyelesaikan tiga sampai lima bouquet pesanan dengan keuntungan yang didapat mencapai Rp. 500.000 per bulannya. “Karena semuanya aku lakuin sendiri, kadang aku juga kewalahan dan akhirnya aku batasi orderannya. Bukan menolak rezeki sih, lebih tepatnya aku gak mau kecewain pelanggan demi pelayanan Flower Bouqeut yang bagus dimata pelanggan”, tutur Bia saat ditemui di salah satu restoran di Bandung. 
Saat ini, Floweroom ID juga telah mengembangkan sayapnya, tidak hanya buket bunga kertas dan pita saja, ada juga felt flower bouquets. Perkembangan lainnya, Floweroom ID juga telah membuka cabang di Kabupaten Banyuwangi khususnya di daerah Klatak. Spesial untuk daerah Banyuwangi dan sekitarnya, Floweroom ID juga menyediakan jasa penyewaan backdrop untuk berbagai macam acara, misalnya pertunangan hingga wedding photobooth. 


Untuk informasi lebih lengkap dan jelas,
kontak langsung para admin:
LINE@ : 
@yrp6168r
WhatsApp Banyuwangi : 0822-1894-2091
WhatsApp Tasikmalaya :  0852-1774-8384
 
 


No comments:

Post a Comment