| WELCOME TO MY SITE | LEAVE COMMENT ON THE POST AND RATE IT | ENJOY ♥ |

Wednesday, August 31, 2016

Being a Journalistic Student

Kalian semua pasti pernah rasain suatu hal terjadi sama kalian dan hal itu gak pernah kalian bayangin sebelumnya bisa kalian alamin? Pernahlah ya. Sama. Gw juga pernah. Gw lagi rasain itu sekarang. Apa yang kalian rasa pas hal itu terjadi? Lemme guess, hmm.. aneh? Kesel? Marah? Pastilah kalian rasain salah satu dari apa yang gw sebut tadi. Tapi, beda sama gw. Kenapa? Karena hal yang gak gw sayangka itu menyenangkan. Really, I had so much fun there.

Balik ke-tiga tahun lalu, yaitu 2013. Tahun dimana gw resmi menyandang predikat sebagai anak kost yang kuliah jauh di kota orang. Gw masuk salah satu fakultas di universitas swasta favorit yang juga pernah  mendapatkan penghargaan “Best School of Communication” selama tiga tahun berturut-turut. Mulai dari ospek, kenal temen baru sampe 2 semester gw lewati dengan aman, nyaman dan tentram. tanpa ada satu kesulitan apapun. Masuk ditahun kedua gw kuliah, ini adalah masa sulit. Kenapa? Disini gw harus memilih bidang kajian. Atau lebih terkenal dengan bahasa “konsentrasi” atau juga “jurusan”. Jadi, di fakultas gw itu ada tiga bidang kajian. Jurnalistik, Public Relations dan Manajemen Komunikasi. Setelah memilah dan memilih juga mempertimbangkan, akhirnya pilihan gw jatuh kepada jurnalistik. Ya, Jurnalistik.

“Kenapa sih Han harus jurnalistik?”

Kurang lebih seminggu, gw dihujani satu pertanyaan keramat diatas. Pertanyaan yang saat itu gw juga gak tau jawabannya. Maaf ya temen-temen, waktu kalian nanya ini gw gak jawab jujur, karena gw gak tau (pada saat itu) harus jawab apa. Hahahahahah. But, I’ll tell you the truth now, here.
Hanie, seorang perempuan yang bisa disebut mengulang kesalahan yang sama. Dulu, gw sekolah menegah atas itu di sekolah kejuruan. Teknik computer dan jaringan, jurusan yang bisa dikatakan rumit. Jujur aja nih ya, gw masuk SMK sebenernya ngikutin tetangga sekaligus temen sekolah SMP gw, Hari. Terlebih gw dapet dukungan dari guru TIK, bu Anita (gw anak emas bu Anita selama di SMP hahahaha) buat masuk SMK. Walaupun gw gak ngerti apa-apa tentang komputer. Gw cuma punya ketertarikan tersendiri sama teknologi yang makin hari makin canggih. Bermodal nekad, tekad dan dukungan bu Anita, yowis-lah, lanjut aja. **skipped, it takes long time to tell my vocational high school stories.
Pas SMK, umpamanya gw ke main air di kolam renang tapi gw gak bisa berenang. Nah pas kuliah mau ambil jurusan umpamanya gw udah ditengah kolam, tapi gak ada life guard yauda akhirnya gw menenggelamkan diri. Karena (kayaknya) gw udah salah pilih jurusan pas smk dan gw udah hopeless parah pilih jurusan di kampus. Kalo pas SMK modal nekad, tekad dan bu Anita dan kalo yang pas kuliah ambil jurnalistik itu hanya bermodalkan basic (abal-abal) menulis. Mulanya nulis di notes facebook sampe nulis dan di-publish disini. Diblog ini.
Bismillah.. Jurnalistik.

Semester 3, 2014. Gw resmi jadi salah satu bagian dari keluarga besar. Keluarga Mahasiswa Jurnalistik Unisba. (p.s. saya bukan pengurus organisasi, saya hanya bagian dari keluarga tersebut). Buta. Cuma satu kata yang gw keluarkan selama duduk di bangku kuliah semester 3. Gw gak tau apa itu jurnalistik, apa itu media, apa itu pers, apa itu wartawan, gimana cara nulis yang bener. Sama sekali gak tau apa-apa. Ibarat bayi, kayanya waktu itu gw masih dua atau tiga bulan, baru mulai kenal warna. Dasar-dasar penulisan, penulisan media 1 (cetak), sejarah media, etika dan hukum media, videografi dan produksi siaran radio. Itu adalah jumlah mata kuliah jurnalistik semester 3.  Kalian bingung? Apalagi saya. Bingung banget. Kikuk abis. Jiper. Hahahaha.
Gw udah gak begitu mempedulikan alasan gw masuk jurnalistik lagi. Biarlah. Sekarang gw berpegang teguh pada satu kalimat yang bunyinya “Emang udah jalan dari Allah kaya gini, mau gimana lagi, jalani aja..” Entah itu kalimat penyemangat atau mungkin kalimat itu lebih terdengar sebagai kalimat kepasrahan? Entah.

Nyaman.

Satu hal yang gw kagumi bisa menjadi bagian dari mahasiswa juralistik diseluruh belahan dunia ini. Deadline. Bisa dibilang gw bekerja underpressure karena deadline. Sebenernya, gak ada sih yang namanya deadline itu. Hal itu ada karena kita nge-lama-lama-in pekerjaan aja (ngaku juga kan akhirnya). Tapi, percaya atau ngga, bekerja karena deadline punya semangat tersendiri dan gw mulai nyaman dengan keadaan seperti ini. Contohnya gini:
Senin mata kuliah PM 1, selesai jam kuliah dapet tugas membuat berita dan dikumpulkan minggu depan. Itu artinya gw harus liputan, cari narasumber dan menyelesaikan sebuah berita yang dibatasi karakternya untuk dikumpulkan minggu depan. Sendiri. Ya, SENDIRI. Karena itu tugas individu. Mulai dari cari ide, tuangin ide buat cari narsum, ketemu narsum, wawancara, selesai wawancara buat transkrip yang nantinya dibuat jadi naskah berita. Udah kebayang belum? Kalo belum, jangan diterusin dibayangin ya, bisi kenapa-napa.

Berhasil.

Gw bisa melewati 6 semester di jurusan “tenggelam” ini. Dengan indeks prestasti kumulatif yang bisa bikin mama senyum kalo buka SIAA. Berbagai mata kuliah kejurnalistikan udah gw lewati. Mulai dari kuliah full dikelas, kuliah kunjungan, kuliah dilapangan, kuliah di perpustakaan (karena dosennya gak bisa ngajar jadi gw kerjain tugas) sampe kuliah di seminar yang begitu dibenci para mahasiswa kecuali dapet snack box atau lunch box gratis.

Meet A Lot of New People

Terlalu banyak pertemuan kuliah yang udah disebutin sebelumnya, bikin gw juga ketemu banyak orang baru. Ketemu narasumber, ketemu pemateri sampe ketemu temen baru sesama mahasiswa jurnalistik yang beda kampus.
Ketemu narasumber; mulai dari narasumber yang baik hati, sabar, bayarin makan sampe narasumber yang bikin gw ngelus dada karena ulahnya. Banyak tingkah deh yang namanya narasumber tapi kita harus baik sama beliau, apapun alasannya. Narasumber adalah sumber informasi. Cari narasumber itu gak gampang, gak jarang gw ditolak sama narsum karena berbagai alasan. Salah satu alesan yang paling malesin adalah “Gak mau difoto ah, malu.” Apeu, cuma buat dokumentasi aja gak mau. Huh. Itulah alasan gw kalo misalnya ada orang nge-share link google docs berupa kuisoner gw selalu ngisi. Biar kebaikan gw dibalas oleh Allah kalau gw butuh narsum jadi gampang. Wkwkwkwkwkwkw (gw ngetik sambal nyengir, I swear).




Narasumber bisa ditemuin dimana aja. Di depan rumah, di mall, di belakang kantor, di lapangan bahkan di internet. Satu cerita unik (buat gw, si tukang kepo). Jadi, gw pernah dikasih tugas untuk wawancara wartawan senior di media cetak ataupun elektronik. Dipikiran gw “GILA, GW GAK PUNYA KENALAN SIAPAPUN WARTAWAN DI BELAHAN DUNIA INI. TERUS GW HARUS NGAPAIN?” bingung kan. Akhirnya, dengan seluruh kemampuan kepo gw yang tinggi, gw buka salah satu website yang isinya data tentang wartawan yang masih aktif bekerja. Setelah gw seleksi, gw pilih lima orang. Kelima orang itu nama panjangnya gw catet dan gw tulisin nama panjang mereka di kolom pencarian orang di Twitter. HAHAHAHA. Guess what? Kelima orang tersebut masih aktif pake twitter dan tweet gw dibales. Akhirnya, gw wawancara mereka ngirimin draft pertanyaan by e-mail.
Jurnalisme Investigasi; Ini adalah salah satu mata kuliah gw di semester 6 kemarin. Ya seyaknya investigasi pada umumnya, gw sama kelompok gw ditugaskan untuk menginvestigasi sesuatu. Yang pada akhirnya, gw kebagian untuk wawancara narsum utama. Craziest thing ever! Gw harus wawancarain narsum layaknya wartawan keren dan beken diluar sana. Alhamdulillah, berhasil.


Magang; hal yang harus gw lewati demi memenuhi syarat kelulusan gw untuk mendapatkan gelar sarjana ilmu komunikasi. Gw magang di satu perusahaan televisi streaming di Bandung. Di perusahaan ini, gw magang bareng delapan temen gw yang lain, empat orang jurusannya sama kaya gw dan empat orang lagi jurusan mankom. Disini, gw ditugasin buat liputan keberbagai acara yang bakal diliput sama perusahaan tempat gw magang, bikin narasi, take voice over sampe magang ngabisin bekel makan temen gw. Eh, salah. Sampe bikin program televise sendiri.




Bukan hanya tugas kuliah yang harus liputan dan ketemu narasumber, magang kali ini lebih menantang. Karena ini sebuah media, maka dari itu relasi yang terbentukpun jauh lebih luas. Salah satunya dua hari kebelakang. 29 Agustus 2016, itu adalah kedua kalinya gw ketemu sama salah satu camat yang menjabat di Kota Bandung. 
Dan tadi, 31 Agustus 2016, itu jadi hari dimana gw ketemu lagi sama camat itu dan beliau udah kenal gw banget (Seneng parah! Walaupun masih ditingkat camat, tapi gw udah dikenal wkwkwkwkwk)








Ketemu orang biasa, sesama mahasiswa, pekerja swasta, wirausaha, dokter, RT, RW, lurah, camat sampe setingkat wali kota dan semua orang baru alhamdulillah bisa gw temui dan kenali selama menyandang status sebagai mahasiswa jurnalistik.

Mulailah dulu, jalani dulu, baru ngeluh!

“Ih jurnalistik mah banyak tugas tau, capek.” “Gak kuat ah di jurnal mah”
Dua penggal kalimat diatas itu emang bener adanya. Semua orang bilang kaya gitu dan gw rasain sendiri. Mantap. Pol. Sekut abis! Jurnalistik banyak tugas? Iya bener, banyak. Tapi, kalo tugasnya dikerjain sedikit demi sedikit semuanya beres kok. Gak kuat dijurnal? Sama, gak kuat juga. Sempet mau nyerah ditengah jalan. Terlebih fisik gw yang emang gak begitu mendukung. Tapi, biar banyak tugas, jangan lupa istirahat. Intinya pinter bagi waktu.

Being a Journalistic Student

Jadi mahasiswa jurnalistik itu seru. Jadi mahasiswa jurnalistik itu menyenangkan. Jadi mahasiswa jurnalistik itu banyak dapet pelajaran baru. Jadi mahasiswa jurnalistik itu keren. Jadi mahasiswa jurnalistik itu gak bisa lagi diungkapin pake kata-kata.
Terlalu banyak tangis, terlalu banyak tawa, terlalu banyak cerita dan terlalu banyak ilmu yang gw dapet selama gw jadi mahasiswa jurnalistik. Perjalanan gw masih panjang. Semester VII udah nunggu depan mata. Barisan kalimat diatas bisa adalah potongan puzzle dari perjalanan panjang gw jadi mahasiswa jurnalistik yang belum berakhir. Semoga gw bisa lengkapi semua potongan puzzle itu secepat mungkin dengan berbagai cerita.



Terakhir,
Jangan pernah menyesal dengan apapun yang telah kamu pilih. Hal itu akan mengantarkanmu menuju potongan puzzle dari perjalanan panjang kehidupanmu. Jalani, jangan sesali.



No comments:

Post a Comment