| WELCOME TO MY SITE | LEAVE COMMENT ON THE POST AND RATE IT | ENJOY ♥ |

Monday, March 12, 2018

Hobi Aneh? Atau Hobi Unik?


Si Hanie dapat keberanian juga buat nulis (dan posting) ini. Hmmmm, mulai dari mana ya? Kayanya dari awal ya, maaf kalau agak panjang soalnya kalau gak diceritain semua gak seru. Hehe.

Awal
Si Hanie ini anaknya gak bisa diem dirumah dan karena itu pula, si Hanie ini sering banget punya “me time”. Dua diantaranya adalah jalan-jalan sendiri dan nonton film. Kebiasaan ini berawal sejak gw kuliah di Bandung dan jadi anak kost yang weekday selalu penuh sama jadwal kuliah dan gak pernah di kosan dan giliran weekend gak ada jadwal kuliah, bingung tuh mau ngapain sedangkan kaki anaknya gatel pengen keluar mulu (walaupun isi dompet pas-pasan). Karena alesan itu, gw sering banget jalan sendirian tanpa tujuan.

Dulu gw kuliah di daerah Tamansari, Bandung, yang notabene tepat ditengah kota dengan segala kemudahan akses kesana kemari lengkap dengan layanan publiknya termasuk tempat perbelanjaan. Lima menit jalan kaki dari kosan bisa sampe ke Balubur Town Square as known as Baltos, pusat perbelanjaan yang termasuk lengkap. Selain ke Baltos, jalan kaki lima menit juga bisa sampe ke tempat (duduk lama) makan andalan gw, KFC. Iya, KFC Tamflex atau KFC Superindo. Nambah lima menit lagi dari situ, bisa sampe ke dua mall yang berbeda. BIP sama BEC. Bisa dibilang mall ini tuh mall-nya mahasiswa. Kenapa? Karena aksesnya mudah, isinya lengkap bisa belanja kebutuhan kosan sampe belanja laper mata yang ngabisin isi dompet dan sampe kosan nyesel, wkwkwkw dan (kayanya) target marketnya (emang) buat mahasiswa ngabisin jatah jajan (bulanan yang suka abis sebelum waktunya).
Karena kemudahan-kemudahan itulah yang bikin gw sering banget jalan sendiri. Paling ngga makanlah. Itu juga karena semua warung nasi deket kosan kalau hari minggu pada tutup kecuali Uni yang (hampir) ga pernah tutup. Tapi, lama-kelamaan bosen juga makan mulu (padahal takut gendut, eh padahal udah) akhirnya si Hanie ini memberanikan diri untuk melangkahkan kaki ke bioskop. Iyaa, bioskop. Sendiri. S..E..N..D..I..R...I. (backsound played, All By Myself).
Antre beli tiket, sendiri.
Pilih row selalu E/F/G/ seatnya 6/7/8 atau 10/11/12.
Abis beli tiket, antre beli popcorn sama coke, iya, S E N D I R I.
Terus, karena anaknya beser dan gak suka kepotong kalau nonton, biasanya ke WC dulu. (kalo ini jelas sendiri, kalo ditemenin mah yakaleee.... Hmm.. apasi.) Baru deh masuk studio. Duduk. Nyimak. Histeris sendiri. Nyimak. Beres. Pulang. Dan hal itu terjadi rutin hampir setiap minggu, minimal satu kali. Sampe ada mbak-mbaknya hampir hafal sama gw karena saking seringnya.
Akhir-akhir ini, gw sering banget dapat pertanyaan “Han, nonton film X sama siapa?” “Sendiri...” “Hah? Serius? Sendirian?” “Iya, sendiri. Ada yang salah?”

Apa yang salah dari nonton ke bioskop sendirian?

Menurut gw, ini gak salah. Pergi nonton ke bioskop sendiri itu cuma hal yang gak biasa aja dilakuin di Indonesia. Terlebih gw itu cewek. Jarang banget kan cewek yang mau pergi-pergi sendiri apalagi sampe nonton ke bioskop. IMHO, di Indonesia, pergi ke bioskop itu biasanya buat family time atau identik sama salah satu tujuan kencan yang otomatis hal itu “mayoritas” dilakuin sama dua orang manusia yang saling berpasangan. Entah itu pasangan kekasih, pasangan kerja, pasangan main atau pasangan nonton (gw bakalan bahas tentang ini dibawah, nanti).  
Jadi, ketika gw pergi nonton ke bioskop sendirian itu jadi sebuah hal yang teramat sangat aneh. “Ngapain coba nonton sendirian? Gak jelas.” Yeeeee, situ belum cobain aja nikmatnya nonton tanpa ada gangguan yang datang kanan dan kiri. Nonton sendiri itu punya kenikmatan tersendiri lho, kita bisa lebih fokus sama alur filmnya itu. Emang sih, setelah nonton itu kita gak punya temen buat saling komentarin filmnya tapi.... ya namanya juga nonton. Fokus sama apa yang kita tonton adalah tujuannya. Bukan ribet ngomentarin film pas filmnya lagi diputer.
Tapi, di zaman canggih kaya gini, gw gak pernah ngerasa sendirian dan gak punya temen yang bisa gw ajak sharing tentang film yang gw tonton sendiri. Gw biasanya share review di (daily) sosial media gw dan pasti ada kok orang yang bisa diajak ngobrolin film itu. Pasti.
Gw pergi ke bioskop sendirian pun gak semata-mata karena gw gak punya pasangan (emang sih kalo pas nulis ini gak punya, LOL). Tapi, pada saat gw punya pasanganpun gw sering kok nonton sendirian. Hal itu berdasarkan selera. Gw pengen nonton A, sedangkan doi gak suka. Tapi karena gw ngebet, yauda jalan aja sendiri. Alasan lain juga kadang ada yang muncul, misalnya kaya, gw pengen banget nonton film B karena penasaran sama pemainnya. Atau, penasaran sama soundtracknya. Hal-hal yang kaya gitu kan kadang gak bisa semudah itu diterima orang lain, otomatis orang lain juga belum tentu bisa temenin gw, jadinya yaa... jalan sendiri.
Lama kelamaan, gw mulai nyaman. Malah bisa dibilang ketagihan dan  gak bisa kalau gak pergi ke bioskop sendiri dalam sebulan. Gw yang awalnya gak suka nonton, bukan penikmat film, gak tau apa-apa tentang jenis film, pemain-pemain film sampe rumah produksi film eh sekarang malah (sedikit banyak) tau. Gw mulai nontonin film-film bagus yang belum gw tonton. Gw sering bukain IMDB, bacain review orang-orang tentang film, pemain dan lainnya.
Dan sekarang gw udah ada di fase nonton dua film dalam satu hari dan tetep sendiri. Atau bahkan, nonton satu film dua kali! Damn, kadang gw ngerasa oon tapi sisi lain gw dapetin kebahagiaan tersendiri. Orang bilang “kalau buat hobi, apa sih yang ngga”, nah ini kali ya yang ada di otak gw. Nonton film udah bisa dibilang hobi. Tapi, gw juga ga sepenuhnya jadi orang baik yang selalu pergi ke bioskop. Gw juga masih sering streaming illegal, wkwkwk. Gapapa lah ya, maaf ku tidak sempurna :”)

Movie Buddy
Gw gak selalu sendirian kok kalau nonton. Sebenernya ini udah disinggung sedikit diatas. Iya, movie buddy atau pasangan nonton. Apa sih pasangan nonton? Buat gw, pasangan nonton itu adalah orang yang satu selera, satu pemikiran, satu kegemaran dan bersedia buat nonton bareng. Gw punya dua movie buddy. Yang satu namanya Bebek, yang satu namanya Zakky (walaupun sama Zakky belum pernah nonton bareng, sekedar sharing aja).
My 1st Movie Buddy, Bebek. Dia itu orangnya gak neko-neko. Enak diajak nonton film apa aja, even nonton kartun sekalipun. Kalo dikumpulin uang nonton sama Bebek, kayanya bisa deh buat DP motor. Percaya gak? Iya, sesering itu kita nonton dan kita tuh kalo nonton selalu weekend. Sama movie buddy yang satu ini, kayanya semua genre film udah pernah ditonton. Drama, komedi, thriller, action, apalagi Sci-Fic. Science Fiction ini adalah genre yang biasanya kita tontonin. Zakky, My 2nd Movie Buddy.  Dia itu manusia agak geeky yang pernah gw temui. Selera filmnya bagus. Pemikiran-pemikirannya juga kadang jenius dan kadang bikin gw gak bisa bales komentar doi. Gw sama Zakky emang belum pernah nonton bareng, tapi selama ini, film yang masing-masing kita tonton, kita selalu saling cerita. Oiya, dia juga suka review film, mampir yaaa. (klik link ini). 

It’s a normal thing.

Pergi ke bioskop sendiri itu mungkin bisa aja dibilang hobi (kali yaaa). Ya ketika orang lakuin hobinya, apapun keadaannya orang itu pasti ngerasa fine-fine aja. As long as him/her happy aja gitu. So guys, nonton ke bioskop sendirian itu gak salah kok. Cuma paling ya agak aneh aja ditelinga karena kebiasaan orang disini kan kalau nonton selalu ada temennya. Padahal selain gw, di luar sana juga banyak yang sering lakuin hal ini. Oiya, hari ini ada yang bilang gw tuh “unik” karena suka nonton sendiri apalagi cewek dan gw seneng akan hal itu, gw ngerasa beda aja. Makanya gw berani nulis ini dan publish tulisan ini.
Kalau ditanya kaya apa rasanya nonton sendiri, gw gak bisa jawab. Gw cuma bisa saranin aja buat lakuin hal itu. Cobain aja, rasain sendiri gimana sensasinya. Kalau suka yaa selamat, kalau gak suka ya jangan dilakuin lagi. Gampang kan? Gak perlu lah sampai ngerasa atau bilang kalau gw ini “aneh”, cause it’s a normal thing, guys.

No comments:

Post a Comment